Bekam: Pengobatan Tradisional yang Teruji Waktu

Bekam adalah pengobatan tradisional – Bekam, sebuah pengobatan tradisional kuno, telah dipraktikkan selama berabad-abad untuk mengobati berbagai penyakit. Dengan menyedot darah dari titik-titik tertentu pada tubuh, bekam diyakini dapat menghilangkan racun, meningkatkan aliran darah, dan meredakan nyeri.

Teknik ini telah diwariskan dari generasi ke generasi, dengan bukti sejarah yang ditemukan di banyak budaya kuno. Kini, bekam masih banyak digunakan sebagai pengobatan komplementer dan alternatif untuk berbagai kondisi kesehatan.

Definisi Bekam

Bekam adalah pengobatan tradisional yang melibatkan pembuatan sayatan kecil pada kulit dan mengeluarkan darah menggunakan cangkir khusus.

Metode ini dipercaya dapat membantu mengeluarkan racun dari tubuh, mengurangi peradangan, dan meningkatkan sirkulasi darah.

Cara Kerja Bekam

Terdapat dua metode bekam utama:

  • Bekam kering:Cangkir dipanaskan dan ditempatkan pada kulit, menciptakan ruang hampa yang menyedot kulit.
  • Bekam basah:Setelah cangkir dipanaskan dan ditempatkan pada kulit, sayatan kecil dibuat dan darah dikeluarkan.

Penggunaan Bekam dalam Pengobatan Tradisional

Bekam telah digunakan selama berabad-abad untuk mengobati berbagai kondisi, termasuk:

  • Nyeri punggung
  • Sakit kepala
  • Masalah pencernaan
  • Gangguan tidur
  • Kondisi kulit

Jenis-Jenis Bekam

Bekam merupakan pengobatan tradisional yang memiliki berbagai jenis, masing-masing dengan teknik dan manfaat yang berbeda. Berikut adalah jenis-jenis bekam yang umum dilakukan:

Bekam Kering, Bekam adalah pengobatan tradisional

Bekam kering dilakukan dengan meletakkan cangkir pada kulit dan menciptakan ruang hampa di dalamnya. Cangkir akan menempel pada kulit dan menarik darah ke permukaan, sehingga terbentuk lingkaran merah atau ungu.

Bekam Basah

Bekam basah merupakan jenis bekam yang melibatkan pengambilan darah dari permukaan kulit. Setelah cangkir diletakkan dan ruang hampa dibuat, kulit di sekitar cangkir akan disayat kecil dan darah akan dikeluarkan.

Bekam Geser

Bekam geser dilakukan dengan mengoleskan minyak pada kulit dan kemudian menggerakkan cangkir ke atas dan ke bawah atau ke kiri dan ke kanan. Teknik ini membantu melancarkan aliran darah dan mengurangi ketegangan otot.

Bekam Api

Bekam api adalah jenis bekam yang menggunakan api untuk menciptakan ruang hampa di dalam cangkir. Api akan ditempelkan pada tepi cangkir dan dibiarkan menyala selama beberapa detik untuk mengeluarkan oksigen dari dalam cangkir.

Bekam Listrik

Bekam listrik menggunakan perangkat listrik untuk menciptakan ruang hampa di dalam cangkir. Teknik ini memberikan tekanan yang lebih terkontrol dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan pasien.

Cara dan Prosedur Bekam

Bekam merupakan teknik pengobatan tradisional yang dilakukan dengan membuat sayatan kecil pada kulit dan menyedot darah keluar dari sayatan tersebut. Proses ini dipercaya dapat mengeluarkan racun dari dalam tubuh dan meredakan berbagai penyakit.

Cara Melakukan Bekam

Untuk melakukan bekam, dibutuhkan alat khusus yang disebut kop. Kop terbuat dari kaca, bambu, atau plastik, dan memiliki bentuk seperti cangkir. Berikut langkah-langkah melakukan bekam:

  • Tentukan titik bekam yang akan digunakan. Titik bekam biasanya berada di area yang terasa sakit atau nyeri.
  • Bersihkan area yang akan dibekam dengan alkohol atau antiseptik.
  • Buat sayatan kecil pada kulit menggunakan jarum steril.
  • Tempatkan kop di atas sayatan dan tekan dengan kuat untuk menciptakan ruang hampa.
  • Biarkan kop terpasang selama beberapa menit hingga darah keluar dan memenuhi kop.
  • Lepaskan kop dan bersihkan luka dengan antiseptik.

Titik Bekam yang Umum Digunakan

Terdapat beberapa titik bekam yang umum digunakan, antara lain:

  • Titik Fengfu:Terletak di bagian belakang leher, di antara tulang tengkorak dan tulang belakang.
  • Titik Baihui:Terletak di bagian atas kepala, di titik pertemuan antara garis tengah kepala dan garis yang menghubungkan kedua telinga.
  • Titik Kunlun:Terletak di bagian belakang tumit, di lekukan antara tendon Achilles dan tulang pergelangan kaki.
  • Titik Hegu:Terletak di antara ibu jari dan telunjuk, di titik tertinggi otot thenar.

Lama Bekam

Lama bekam bervariasi tergantung pada kondisi pasien dan tujuan pengobatan. Biasanya, bekam dilakukan selama 5-15 menit untuk setiap titik.

Bekam dalam Perspektif Medis Modern

Bekam telah digunakan selama berabad-abad sebagai pengobatan alternatif, tetapi bagaimana pengobatan ini dipandang oleh dunia medis modern? Penelitian terkini menunjukkan bahwa bekam dapat memberikan manfaat terapeutik dan dapat melengkapi pengobatan medis konvensional.

Penelitian Terkini tentang Bekam

Studi telah menunjukkan bahwa bekam dapat meningkatkan aliran darah, mengurangi peradangan, dan merangsang sistem kekebalan tubuh. Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Evidence-Based Complementary and Alternative Medicinemenemukan bahwa bekam efektif dalam mengurangi nyeri dan kekakuan pada pasien dengan osteoartritis lutut.

Bekam sebagai Pelengkap Pengobatan Medis

Bekam dapat digunakan bersama dengan pengobatan medis konvensional untuk meningkatkan hasil. Misalnya, pada pasien dengan sakit punggung, bekam dapat digunakan untuk meredakan nyeri dan meningkatkan mobilitas, sehingga mengurangi kebutuhan akan obat penghilang rasa sakit atau pembedahan.

Tren dan Perkembangan Terbaru

Dalam beberapa tahun terakhir, terdapat peningkatan minat terhadap bekam sebagai terapi pelengkap. Banyak praktisi medis sekarang menawarkan bekam sebagai bagian dari layanan mereka. Selain itu, penelitian sedang dilakukan untuk mengeksplorasi penggunaan bekam untuk kondisi lain, seperti migrain dan kecemasan.

Penutup

Meskipun penelitian ilmiah terus dilakukan, bekam tetap menjadi pilihan pengobatan yang aman dan efektif bagi banyak orang. Dengan kombinasi manfaat kesehatan yang didukung bukti dan tradisi yang kaya, bekam terus menjadi pengobatan tradisional yang dihargai.

Informasi Penting & FAQ: Bekam Adalah Pengobatan Tradisional

Apa perbedaan antara bekam basah dan kering?

Bekam basah melibatkan pengeluaran darah dari kulit setelah bekam, sedangkan bekam kering hanya menyedot kulit tanpa mengeluarkan darah.

Apakah bekam aman untuk semua orang?

Tidak, bekam tidak dianjurkan bagi orang dengan gangguan pembekuan darah, kulit yang terinfeksi, atau sedang mengonsumsi obat pengencer darah.

Apa efek samping dari bekam?

Efek samping yang umum termasuk memar, nyeri ringan, dan pusing. Namun, efek samping serius sangat jarang terjadi.

Leave a Comment